dupersol
EMAIL US

dupersol.id[et]gmail.com

0812-1111-6181

Penggilingan padi

Panduan Lengkap Memilih Oli untuk Mesin Penggilingan Padi

Pendahuluan

Mesin penggilingan padi memainkan peran penting dalam industri pertanian, khususnya dalam memastikan hasil panen padi diolah menjadi beras berkualitas tinggi. Keandalan dan efisiensi mesin-mesin ini sangat bergantung pada pemeliharaan yang tepat, termasuk penggunaan oli pelumas yang sesuai. Artikel ini akan membahas berbagai jenis mesin penggilingan padi, kebutuhan pelumasnya, dan rekomendasi oli yang dapat digunakan berdasarkan produk-produk dari Dupersol.

Jenis-Jenis Mesin Penggilingan Padi

1. Mesin Pemecah Kulit (Husker)

Pemecah kulit bertugas menghilangkan sekam atau kulit luar dari butir padi. Mesin ini biasanya menggunakan mesin diesel atau listrik. Pemeliharaan yang baik memerlukan oli pelumas yang mampu mengurangi gesekan dan mencegah keausan komponen.

2. Mesin Pemisah Gabah dan Beras Pecah Kulit (Paddy Separator)

Mesin ini memisahkan beras pecah kulit dari gabah yang tidak terkupas sempurna. Penggunaan oli yang tepat membantu menjaga performa mesin agar tetap optimal.

3. Mesin Penyosoh (Polisher)

Mesin penyosoh menghilangkan lapisan aleuron atau kulit ari pada beras pecah kulit untuk menghasilkan beras putih yang lebih bersih dan cerah. Memastikan pelumasan yang baik pada mesin ini sangat penting untuk menjaga kualitas produk akhir.

4. Mesin Pemutih Beras (Whitening Machine)

Mesin pemutih beras melanjutkan proses penyosohan untuk meningkatkan kecerahan beras. Oli pelumas yang baik akan membantu dalam menjaga suhu mesin dan mengurangi gesekan.

5. Mesin Pengayak (Sifter)

Mesin pengayak memisahkan beras berdasarkan ukuran untuk menghilangkan kotoran dan memisahkan beras kepala, beras pecah, dan menir. Pelumas yang tepat membantu menjaga mesin tetap berjalan lancar.

6. Mesin Sortasi Warna (Color Sorter)

Mesin ini memisahkan beras yang cacat atau tidak sesuai standar warna dengan menggunakan teknologi penginderaan warna. Komponen mekanis dalam mesin ini membutuhkan pelumas yang efisien.

Baca Juga :   Oli Hidrolik Hand Pallet: Manfaat dan Cara Penggunaannya

7. Mesin Pengemas (Packing Machine)

Mesin pengemas mengemas beras yang telah diproses ke dalam karung atau kemasan yang sesuai untuk distribusi. Oli yang tepat membantu menjaga efisiensi dan keandalan mesin pengemas.

8. Mesin Timbang Otomatis (Automatic Weighing Machine)

Mesin ini menimbang beras dalam jumlah tertentu untuk memastikan berat yang tepat dalam setiap kemasan. Penggunaan pelumas yang baik sangat penting untuk akurasi dan keandalan timbangan.

Rekomendasi Oli untuk Mesin Penggilingan Padi dari Dupersol

1. Oli untuk Mesin Pemecah Kulit (Husker)

  • Rekomendasi Oli: Dupersol Plutus AW 46
  • Keterangan: Oli hidrolik ini sangat cocok untuk aplikasi hidrolik pada mesin pemecah kulit yang menggunakan sistem hidrolik untuk operasi. Oli ini memiliki kestabilan termal yang baik dan dapat digunakan dalam rentang suhu yang luas​ (Dupersol)​​ (Dupersol)​.

2. Oli untuk Mesin Penyosoh (Polisher)

  • Rekomendasi Oli: Dupersol Spinsol 150
  • Keterangan: Oli spindle ini ideal untuk mesin yang membutuhkan pelumasan halus dan daya tahan tinggi. Oli ini dirancang untuk melumasi komponen yang bergerak cepat dan meminimalkan gesekan serta keausan​ (Dupersol)​.

3. Oli untuk Mesin Pemutih Beras (Whitening Machine)

  • Rekomendasi Oli: Dupersol Janus M 90 GL 4
  • Keterangan: Oli transmisi ini cocok untuk sistem transmisi dalam mesin penyosoh. Oli ini memberikan pelumasan yang optimal dan melindungi komponen dari keausan dan korosi​ (Dupersol)​.

4. Oli untuk Mesin Pengayak Beras (Sifter)

  • Rekomendasi Oli: Dupersol Proserpine SCO 46
  • Keterangan: Oli kompresor sintetik ini dapat digunakan untuk pelumas kompresor dalam sistem sirkulasi udara mesin pengayak. Oli ini menawarkan perlindungan yang baik terhadap oksidasi dan stabilitas termal yang tinggi​ (Dupersol)​.

5. Oli untuk Mesin Pemisah Biji (Separator)

  • Rekomendasi Oli: Dupersol Proserpine VPO 32
  • Keterangan: Oli vacuum pump ini ideal untuk mesin dengan sistem vakum. Oli ini dirancang khusus untuk aplikasi pompa vakum, memberikan pelumasan yang andal dan mengurangi keausan komponen​ (Dupersol)​.
Baca Juga :   Tentang SAE Oli: Jenis, Viskositas

Pentingnya Penggantian Oli Secara Rutin

Penggantian oli secara rutin sangat penting untuk memastikan mesin-mesin penggilingan padi beroperasi dengan efisien dan tahan lama. Mesin pemecah kulit (husker) yang menggunakan mesin diesel, misalnya, memerlukan penggantian oli mesin diesel setiap 100-200 jam operasi atau sesuai panduan pengguna. Selain itu, pelumas lainnya seperti gemuk (grease) pada bagian mekanik juga perlu diperiksa dan ditambah secara berkala untuk menjaga kinerja optimal.

Kesimpulan

Pemilihan oli yang tepat dan pemeliharaan rutin adalah kunci untuk menjaga mesin penggilingan padi tetap berfungsi dengan baik. Dengan menggunakan oli pelumas berkualitas dari Dupersol, seperti Dupersol Plutus AW 46 untuk mesin pemecah kulit atau Dupersol Spinsol 150 untuk mesin penyosoh, Anda dapat memastikan mesin-mesin Anda beroperasi dengan efisien dan tahan lama. Pastikan untuk selalu memeriksa dan mengganti oli sesuai dengan rekomendasi pabrik untuk menjaga performa mesin tetap optimal.

error: